Mengenal Fungsi Defibrillator Sebagai Alat Pacu Jantung

Defibrillator merupakan sebuah alat kesehatan yang berfungsi untuk pertolongan pertama pada orang yang mengalami henti jantung. Atau dalam keadaan lain yang berhubungan dengan tidak normalnya detak jantung atau yang sering disebut dengan istilah Ventrical Fibrillation dimana jantung bedetak namun tidak normal dan tidak bisas memompa darah ke seluruh tubuh.

Defibrillator di sini berfungsi untuk mengejutkan jantung. Sebuah energi listik yang disalurkan melalui dia elektroda yang ditempelkan di dada pasien untuk membuat jantung memulai detaknya dengan kondisi stabil dan normal.  Alat ini sekarang dibutuhkan di berbagai tempat. Tidak hanya di rumah sakit, alat defibrillator ini juga disediakan di tempat – tempat umum yang sering dikunjungi orang banyak. Hal ini sebagai wujud kesadaran terhadap pertolongan emergency yang cepat untuk keselamatan jiwa

Jenis Defibrillator

Ada dua jenis Defibrillator yang umum kita jumpai di pasaran. Pertama adalah jenis Defibrillator Manual dan yang lain adalah Defibrillatoar Otomatis (AED). Kedua jenis Defibrillator ini memiliki fungsi yang sama, hanya spesifikasi penggunaanya saja yang berbeda. AED atau Defibrillator otomatis biasanya digunakan untuk lapangan dan emergency di luar seperti pada tim SAR, penyelamat pantai dan juga di tempat – tempat umum.

Sedangkan defibrillator manual atau monitor digunakan di rumah sakit. Jenis defibrillator ini dilengkapi dengan monitor yang bisa digunakan untuk memonitor grafik EKG dan SpO2. Bentuknya yang lumayan besar memang cocok digunakan di Rumah Sakit, tidak untuk lapangan walaupun bisa juga digunakan di lapangan karena biasanya disertai dengan handle untuk pengangan saat membawa.

Harga Defibrillator

Mungkin kita tidak pernah tahu berapa harga defibrillator jika tidak bertanya atau diberi tahu. Coba anda bertanya di toko alat kesehatan yang jual defibrillator lengkap, berapa harga satu unit defibrillator manual dengan merk tertentu. Untuk kalangan pribadi memang alat ini sangat tidak terjangkau. Dan memang alat ini juga tidak digunakan untuk kalangan pribadi karena difungsikan untuk Rumah sakit atau instansi lain yang membutuhkan. Harga satu unit defibrillator manual merik cina berkisar antara 45 juta hingga 70 juta rupiah. Kalau untuk AED biasanya lebih mudah dari itu.